-->

Mengenal Pohon Tengkawang

Pohon Tengkawang atau  illipe nut atau Borneo tallow nut. Photo by Paul Tao Widodo

Atlantic Spirit- Diluar pulau Kalimantan mungkin tak banyak yang tahu bahwa pohon ini memiliki kemampuan yang sama dengan pohon Sawit. Ada kelebihan dan kekurangannya jika membandingkan kedua pohon ini. 


Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa pohon ini adalah pohon yang merupakan tumbuhan asli Kalimantan. Meskipun hanya berbuah tiga tahun sekali namun pohon ini memiliki kemampuan untuk menghijaukan hutan. 


Ingin mengenal lebih jauh? berikut AtlanticSpirit akan menjelaskan secara lengkap bagi pembaca AtlanticSpirit.


 Perlu diketahui oleh sobat pembaca bahwa Pohon Tengkawang mempunyai ciri-ciri ;Berakar tunggang, warna kulit kecoklat-coklatan dan tebal/


Daunnya cukup besar, kurang lebih 10cm panjang dan lebar 4cm, berwarnah hijau, bunganya berwarna merah, buahnya coklat dan bersayap, dengan ukuran kurang lebih sebesar telur ayam. 


Tinggi pohon tengkawang bisa mencapai 70 meter, dengan mencapai 2 meter garis tengahnya, selain buahnya yang dijual pohonnya juga laku dijual.


Pohon ini memiliki Habitat disekitar daerah aliran sungai, pohon ini biasa dimanfatkan  untuk bahan bangunan rumah / bangunan, baik di gunakan pada bagian luar atau bagian dalam rumah.

bentuk buah tengkawang

Penasaran ini tahubagaimana Cara budidaya/perkembangbiakan  pohon ini?;


Sejauh ini kayu Tengkawang belum di budidayakan oleh penduduk setempat, beberapa penduduk sudah mencoba menanam, biasanya di tanam di daerah kelokak dan belum ada perawatan yang baik, kebutuhan biasanya diambil langsung dari hutan, perbanyakan tanaman ini dengan biji, statusnya mulai langka.


Nah jika sobat AtlanticSpirit peduli dengan keberadaan pohon ini, maka disarankan untuk menanamnya di kebun milik teman-teman sebagai warisan plasma nutfah bagi anak cucu dikemudian hari.semoga bermanfaat!!!

LihatTutupKomentar