-->

Bagaimana mengenali keladi yang dapat dikonsumsi, Berikut 8 Jenis Keladi yang Bisa Dimakan


Ciri-ciri jenis keladi yang bisa dimakan adalah titik merah di tengah batang

Apa yang terjadi bila kita berada di tengah hutan dimana kondisi logistik kita habis dan saat mencari alternatif makanan kita menemukan keladi atau talas di dalam hutan tersebut. 

Bagaimana kita dapat mengenali talas atau keladi mana yang dapat dimakan? 

Ada berbagai jenis keladi di dunia ini dan hanya beberapa jenis saja keladi yang tidak beracun dan dapat dikonsumsi, atau dijadikan sayuran atau bahan makanan lainnya.

Ada beberapa jenis keladi yang hanya bisa dimakan bagian umbinya saja, tetapi ada jeniis keladi yang bisa  dimakan dari umbi, batang hingga daunnya. Meskipun dapat dikonsumsi, tetapi tetap masih ada jenis keladi yang batangnya bisa mengakibatkan gatal tapi ubinya dapat dikonsumsi.

Karena itulah Anda harus mengenal dengan baik jenis-jenis keladi  yang ada di sekitar kita, sebelum mengkonsumsinya.

Untuk diketahui, paling tidak ada  8 jenis keladi yang dapat dikonsumsi, yang sering ditemukan disekitar kita.

8 Jenis keladi yang bisa dikonsumsi

Berikut ini adalah 8 tipe jenis keladi yang boleh dikonsumsi dan dijadikan bahan makanan. 

 

1. Keladi Mawar

Dasar keladi mawar banyak diupayakan di selatan tanah air iaitu di negeri Johor. Banyak petani di teritori Kota Tinggi dan Muar mengupayakan tanaman keladi ini. Keladi ini dikonsumsi berbahagian ubinya dan bisa jadi berbagai masakan.

 

Ubi keladi mawar mendapatkan keinginan yang tinggi di selatan semenanjung Malaysia termasuklah di Singapura. Permohonannya yang tinggi mengakibatkan harga cukup konstan dalam pasaran.

 

2. Keladi Cina

Keladi cina salah satu yang paling dicari di pasaran lokal. Tanaman keladi cina banyak dibudidayakan di sejumlah negeri di Malaysia iaitu di negeri Selangor, Johor Sabah dan Sarawak. Keladi cina ini sebagai tanaman yang cuma membutuhkan periode yang cepat untuk dipanen. Selainnya keladi mawar, keladi cina sebagai salah satunya spesies keladi yang juga dibudidayakan secara komersial.

 

Keladi cina dikonsumsi ubinya dan bisa menjadi bahan berbagai resep masakan. Bisa jadi sayur lemak atau jadi snek jika direbus atau dimasak seperti pisang goreng.

 

3. Keladi Tikus - Tipe Keladi yang Bisa Dikonsumsi

Keladi tikus tak hanya dikonsumsi, tetapi juga kerap dijadikan bahan obat-obatan tradisionil untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Tipe keladi ini umumnya tidak dikonsumsi secara langsung tapi telah dibuat menjadi kapsul atau dijadikan makanan tambahan atau obat-obatan. Kapsul keladi tikus banyak dipasarkan di pasar lokal Malaysia.

 

4. Keladi Hitam

Keladi hitam ini memiliki warna tangkai yang sedikit gelap. Buahnya berukuran yang cukup besar dan bisa dikonsumsi buah beserta batangnya. Batangnya bisa dikonsumsi dan bisa diproses sebagai masak lemak atau singgang tangkai keladi. Benar-benar menambah selera makan.

  

5. Keladi Air - Tipe Keladi Yang Bisa Dikonsumsi

Keladi air sering ditemukan di area persawahan atau tempat yang berair seperti parit dan rawa dangkal. Dikenal sebagai keladi merawan atau paku riskan. Meskipun terlihat seperti rumpai, keladi ini dikenal sebagai salah satunya tipe tipe keladi yang bisa dikonsumsi. Berbeda dengan keladi lain, ia tidak memiliki ubi dan hanya diambil  bagian tangkai dan daunnya saja.

 

6. Keladi Selatah

Keladi selatah dikonsumsi ubinya dan bisa dijadikan bahan berbagai jenis masakan. Disamping itu, keladi selatah ini populer sebagai bahan membuat keripik keladi. Keripik keladi selatah banyak dipasarkan di pasar lokal Malaysia.

 

7. Keladi Telur - Tipe Keladi Yang Bisa Dikonsumsi

Keladi Telur memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan jenis keladi lain yang bisa dikonsumsi. Penduduk Malaysia menyebutnya keladi Sarawak. Disebut juga keladi telur karena umbi yang baru keluar dari umbi indukannya terlihat seperti telur.  

 

8. Keladi Pinang

Tipe keladi pinang sebagai keladi di antara yang paling kecil dalam keluarga keladi. Ubi ini hanya bisa dikonsumsi bagian tangkai dan ubinya saja. Walau bagaimanapun, keladi pinang ini lebih populer sebagai keladi sayur kerana mempunyai ukuran umbi yang kecil. Sangat sesuai diolah sebagai sayur dan dicampur sayur-sayur lainnya. 

 

Ada beberapa macam keladi yang lain bisa dimakan, namun ada juga yang beracun. Keladi yang beracun mengandung Calcium Oxalate.  Calcium oxalate ini adalah seperti garam calcium dan terlihat seperti jarum-jarum kristal yang tajam jika disaksikan bawah mikroskop.


Kandungan inilah yang menyebabkan keladi memberikan efek gatal-gatal, sakit, kemerahan apabila getahnya mengenai kulit. Maka dari itu, Anda harus benar-benar hati-hati dan mengenal pasti jenis keladi yang dapat dimakan dan mana yang beracun. 


Tips Membedakan Keladi yang dapat dikonsumsi dengan yang tidak

Salah satu tips sederhana yang Spirit Atlantic akan membagikan kepada pembaca bagaimana mengenali keladi yang dapat dikonsumsi atau di makan dengan yang tidak adalah dengan memperhatikan ciri-ciri batangnya. 

Untuk mengenalinya cukup mudah, sebab alam sendiri telah memberikan tanda pada daun talas atau keladi yang dapat dimakan. 

Keladi Manis titik merah di batang penanda bisa dimakan
Dimana pada titik tengah daun keladi terdapat warna merah. Nah jika sobat Apirit Atlantic tidak menemukan warna merah pada keladi tersebut maka bisa dipastikan keladi atau talas tersebut tak dapat dikonsumsi. 


Semoga tips ini berguna bagi para pembaca yang budiman.   


LihatTutupKomentar